Rahasia #2: Jual saham apabila sudah diatas harga wajar, jangan rakus!

Jangan rakus!

Value investors should completely exit a security by the time it reaches full value; owning overvalued securities is the ream of speculators.

Value investors harus benar-benar keluar dari saham apabila nilainya sudah mencapai nilai wajar yang ditentukan; mempunyai saham di harga yang terlalu tinggi adalah ranah spekulan. – Seth Klarman

 

When all feel calm, and price surge, the markets may feel safe; but, in fact, they are dangerous because few investors are focusing on risk.

Ketika semua merasa tenang dan aman, dan harga melonjak naik, pasar merasa aman dan berada di masa euforia; tapi, kenyataannya, sangatlah berbahaya karena sangat sedikit investor yang fokus pada risiko. – Seth Klarman

Triknya sangatlah gampang, disiplin dalam menjual saham ketika harganya relatif mahal – karena anda sudah menganalisa bisnisnya dan menyimpulkan bahwa bisnis itu dinilai mahal pada harga itu. Penulis menerapkan prinsip leave money on the table, dimana penulis biasanya menjual 90% kepemilikan di 90% dari target valuasi berdasarkan tesis awal penulis, dan menjual 10% sisanya di 100% target valuasi.

Penulis sendiri belajar dari pengalaman kesalahan pribadi:

  1. Nilai pasar dan nilai intrinsik suatu saham perusahaan adalah dua hal yang berbeda. Menyadari bagaimana membedakan keduanya dan memiliki keyakinan dalam tesis mengapa kita membeli suatu perusahaan adalah kunci untuk memperoleh keuntungan yang berulang dari investasi di saham.
  2. Kita harus memahami investasi yang kita terjunin, karena ini membentuk aspek dasar fundamental dari kemampuan kita untuk menjalankan good judgement.
  3. Kalau kita memiliki keyakinan dalam tesis kita, dan dalam penilaian kita tentang suatu saham tertenti, ketika harga jatuh dan ketakutan berada pada titik tertinggi, beli sahamnya lebih banyak!
  4. Konsep margin of safety sangatlah penting dan jangan pernah meremehkan ini.

Ketakutan adalah sahabat terbaik seorang investor.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s